Sabtu, 19 November 2016

Kerajaan Aruteun

Tahun Berdiri : Akhir Abad 4 (ada yang menyebutkan tahun 430 M)
Masa : Abad 5- abad 6 Masehi
Pusat Kerajaan : Bogor
Ibukota : Muara Sungai Aruteun
Nama Lain : Holotan
Raja Pertama : ?
Raja Terkenal : ?
Jumlah raja : ?
Agama Kerajaan : Hindu

Kerajaan Aruteun atau Holotan merupakan sebuah kerajaan bercorak Hindu yang pernah berdiri di Jawa barat. Pusat kekuasaan kerajaan Aruteun adalah di Bogor dengan ibu kotanya di muara Sungai Aruteun di sebelah utara barat laut kota Bogor sekarang.

Sumber Sejarah Kerajaan Aruteun

Menurut catatan resmi Kekaisaran diansti Sung, yang tercatat dalam buku Sejarah lama Dinasti Sung menyebutkan : Kerajaan holotan muncul sebagai nama sebuah kerajaan di Jawa yang pernah mengirimkan utusan ke Kaisaran cina pada tahun 430, 433, 434, 435, 437 dan terakhir tahun 452 Masehi. Sejarah lama Dinasti Sung menguraiklan bahwa utusan Kerajaan Aruteun (yang disebuyt Hootan) pada taun 430 meminta perlindungan kepada Kaisar China terehadap ancaman-ancaman dari negara tetangganya. itulah salah satu sebab Kerajaan Aruteun mengirimkan utusan itu diulanginya beberapa kali sampaiu terakhir tahun 452 M.
Kerajaan Aruteun ini kemungkinan besar hancur akibat penaklukan Kerajaan tarumanegara, atau mungkin menjadi keraajan Bawahan Kerajaan tarumenagra setelah penaklukan tersebut.
Tidak banyak diketahui tentang kerajaan ini. Namun berita dari dinasti Sung dapat mengokohkan Aruteun sebagai salah satu kerajaan yang pernah berdiri di Jawa barat.

Sumber tulisan :
-www.mail-archive.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar