Selasa, 26 Juni 2018

Daftar Candi di Tatar Sunda

Candi di Tatar Sunda atau Jawa Barat merupakan peninggalan berbentuk bangunan sejarah yang langka di temui. Berbeda dengan provinsi lain di Pulau Jawa seperti, Jawa Tengah dan Jawa Timur yang memiliki ratusan bangunan candi, di Jawa Barat hanya ditemukan beberapa candi saja. Namun baru-baru ini Jawa Barat digegerkan dengan beberapa temuan bangunan candi baru, diantaranya fondasi candi di Cirebon dan Candi Apus di bogor yang masih simpang siur. Berikut beberapa bangunan candi di Jawa Barat yang berhasil kami himpun:

1. Percandian Batu Jaya di Karawang
Candi Blandongan, Salah satu bangunan Candi di Kompleks Percandian Batujaya (sumber gambar :http://www.wacana.co/2015/09/kompleks-percandian-batujaya/)

Terdapat lebih dari 40 bangunan candi yang terdapat di situs percandian ini. Semua bangunan candi hanya tersisa bagian kakinya saja. Beberapa candi ada yang utuh hingga badan candi sepeti, Candi Blandongan. Beberapa candi yang telah di pugar adalah Candi Blandongan, Candi Jiwa, Candi Serut, Candi Lempeng, Candi Silider, Candi Damar I & II, Candi Sumur, Candi Asem, dan Candi Lingga.

2. Percandian Bojong Menje di Bandung
Salah satu bangunan candi di kompleks percandian Bojong Menje (Sumber gambar : https://www.idsejarah.net/2017/02/candi-bojongmenje.html)

Pada percandian Bojong Menje terdapat empat bangunan candi, diantaranya: Candi Orok, Candi Kukuk, Candi Malaka dan Candi Wayang. Menurut informasi warga setempat, dahulunya bangunan candi ini adalah bangunan candi yang utuh melebihi bangunan Candi Cangkuang di Garut. Namun saat datangnya bangsa penjajah dari barat, maka candi ini diratakan karna alasan tempat angker, dan pada tahun 2004 percandian ini kembali ditemukan.

3. Percandian Cibuaya di Karawang
Candi Lanang di kompleks Percandian Cibuaya (Sumber gambar :https://sportourism.id)

Setidaknya terdapat 7 lokasi bangunan di kompleks percandian Cibuaya. Diantaranya yang telah dipugar adalah bangunan Candi Lanang dan Candi Wadon. Sementara bangunan yang lain berupa bangunan lingga dan yoni. Jenis batuan percandian ini sama dengan jenis batu yang terdapat di kompleks percandian Batujaya.

4. Candi Batu Kalde di Pangandaran 
 Sisa-sisa bangunan Candi Batukalde (sumber gambar:panjipawitraalaffiat.blogspot.com)


5. Candi Bojongemas/Purnama Hyang di Bandung
Situs Candi Bojongemas yang memperihatinkan (Sumber gambar :https://deskgram.org )

Sama hal nya dengan Percandian Bojong Menje, Candi Bojong Emas pun dulu merupakan candi yang utuh. Kini candi Bojongemas hanya tinggal gundukan batu tak berbentuk di pinggir jalan.

6. Candi Cangkuang di Garut
Candi Cangkuang yang megah (siumber gambar ; http://sumbersejarah1.blogspot.com)

Candi Cangkuang merupakan satu-satunya bangunan candi di Jawa Barat yang bentuknya paling utuh. Dibangun sekitar abad ke -8. Candi ini mempunyai keunikan tersendiri yakni, disamping candi terdapat makam islam kuno yang oleh penduduk sekitar dipercaya sebagai makam leluhur mereka. Makam tersebut adalah makam Dalem Muhammad Arifin.

7. Candi Ciapus di Bogor (?)

Keberadaan candi ini masih diragukan kebenarannya.

8. Candi Gunung Pulosari di Pandeglang, Banten

Merupakan beberpa sisa peninggalan kerajaan Salakanagara yang tersebar disekitar Gunung Pulosari, Pandeglang, Banten.

9. Candi Gunung Sadahurip/Gunung Putri di Garut (?)

Keberadaan candi ini masih diragukan kebenarannya.

10. Candi Indihiyang di Tasikmalaya
Situs candi Indihiyang dengan situs utamanya LIngga-yoni

Situs Candi Indihiyang juga dikenal dengan situs Lingga-yoni merupakan sisa-sisa bangunan candi yang berlokasi di Kecamatan Indihiyang, Kabupaten Tasikmalaya.

11. Candi Japura di Cirebon
Situs candi Japura (sumber : http://saunggaluh.blogspot.com)

Situs Candi kuno di Cirebon ini keberadaannya juga belum pasti. Untuk Informasi lebih lanjut Silahkan kunjungi laman Candi Japura

12. Candi Karangkamulyaan di Ciamis
 Salah satu sisa candi di Situs Karangkamulyan (sumber : http://www.koko-nata.net)

Merupakan sebaran situs sisa keraton Kerajaan Galuh.

13. Candi Pasir Leutik di Ciamis (lingga dan yoni)
 Batu yoni yang ditemukan di pasir leutik (sumber : https://ahmadsamantho.wordpress.com)

Situs ini berada diselatan dari Candi rajengwesi. Berupa lingga yoni, 4 buah batu yang dianggap sebagai 3 buah kursi batu dan sebuah meja batu. Penduduk setempat percaya bahwa situs ini merupakan peninggalan kerajaan Galuh.

14. Candi Rajengwesi di Ciamis
 Sebaran batu candi Rajengwesi (sumber :https://ahmadsamantho.wordpress.com)

Candi Rajengwesi merupakan sebuah situs yang sangat memperihatinkan kondisinya. Hanya ada beberapa sebaran batu bata yang hancur dan berserakan.

15. Candi Ronggeng di Banjar
Situs Candi Ronggeng (sumber gambar : https://www.harapanrakyat.com)
Candi ini juga dikenal dengan Candi Pamarican. Berada di Dusun Kedung Bangkong, RT 31 RW 09, Desa Sukajaya, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis.

16. Candi Surosoan di Banten

Informasi tentang candi yang berada di kompleks Keraton Surosowan harus diteliti lebih lanjut.
Saya sebagai penulis belum dapat informasi yang memuaskan mengenai keberadaan candi ini.

17. Candi Talun di Sagalaherang, Subang
 Sisa-sisa bangunan candi Talun (sumber gambar : http://www.gspradio.com)

Situs Talun secara administratif termasuk di wilayah Desa Telaga Sari, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat. Keberadaan situs Talun pertama kali dilaporkan pada sekitar bulan November 1993.

18. Candi Tanggulun di Bandung

Candi Tanggulun merupakan sisa bangunan ccandi berupa yoni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar