Senin, 27 Juli 2015

Kerajaan-Kerajaan Bawahan Kerajaan Salakanagara

KerajaanKerajaan ini pada awalnya merupakan kerajaan bawahan dari Salakanagara, namun setelah pamor Salakanagara menurun, maka Kerajaan Tarumanegara menguasasi Salakanagara dan menjadikan bawahanya termasuk juga kerajaan-kerajaan bawahan Salakanagara. Berikut Kerajaan-Kerajaan Bawahan dari Kerajaan Salakanagara:

1. Kerajaan Hujung Kulon
 
Kerajaan Hujung Kulon adalah sebuah kerajaan bercorak Hindu yang berkedudukan di Ujung Kulon, Pandeglang Banten. Berdiri sekitar abad 2 M dengan wilayah kekuasaan sekitar Kabupaten Pandeglang sekarang. Kerajaan Hujung Kulon merupakan kerajaan kecil bawahan dari Kerajaan Salakanagara. Pada tahun 368 M pamor Salakanagara menurun, akibatnya Kerajaan Salakanagara dan Kerajaan Hujung Kulon menjadi bawahan Kerajaan Tarumanegara. Dari buku Sejarah Jawa Barat (Yuganing Rajakawasa) karya Drs. Yoseph Iskandar, bahwa raja daerah Kerajaan Hujung Kulon yang pertama adalah Senapati Bahadura Harigana Jayasakti, adiknya Dewawarman I. Sementara adik dari Dewawarman yang seorang lagi, yaitu Sweta Liman Sakti diangkat menjadi raja daerah Tanjung Kidul dengan ibu Kotanya Aghrabintapura. Tidak diketahui banyak mengenai kerajaan Hujung Kulon ini.


2. Kerajaan Tanjung Kidul
 


Kerajaan Tanjung Kidul adalah sebuah Kerajaan bercorak hindu yang didirikan di Selatan Kabupaten Cianjur sekarang. Nama Ibukota nya adalah Aghrabintapura. Namun seringkali nama ibu kota ini menjadi sebutan nama kerajaannya. Rajanya ialah Swetalimansakti adik dari Senapati  bahadura dan Dewawarman I. Seperti halnya Kerajaan Hujung Kulon, kerajaan ini menjadi bawahan Kerajaan Tarumanegara setelah pamor Indraprahasta menurun.



3. Kerajaan Nusa Api

Kerajaan Nusa Api merupakan kerajaan kuno yang terletak di Kaki Gunung Krakatau. Peninggalan kerajaan ini mungkin sudah musnah karena letusan besar Krakatau pada tahun 1882.

4. Kerajaan Nusa Mandala

Kerajaan ini merupakan sebuah kerajaan hindu yang berkedudukan di Pulau Sangeang. Tidak jelas mengenai asal-usul kerajaan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar